Sabtu, 08 Oktober 2016

Sifat Dunia

Beberapa sifat dunia:
1. Selalu membuat kecele
Apa itu kecele? jika diartikan secara sederhana, kecele adalah "tampaknya sangat meyakinkan iya, namun ternyata tidak". Siapapun yang bersandar pada dunia, berharap pada dunia, pasti akan dibuat kecele oleh dunia. Misal, kita membayangkan alangkah enaknya jika kita bisa punya mobil land cruiser limited edition yang harganya 1,8 miliar. Kita berharap mobil itu bisa membuat kita nyaman ketika berkendara. Namun, setelah kita beli, hal yang terjadi tidaklah demikian. Yang ada justru kita jadi terlalu sibuk merawat mobil tersebut, kita takut mobil itu hilang, bahkan kita tidak berani menggunakannya di medan berat karena terlalu sayang dengan mobil tersebut. Belum lagi jika suatu hari mobil kita benar benar dicuri, yang ada hanyalah sedih dan kehilangan. Yang harus diingat adalah, semua yang ada di dunia, akan musnah suatu saat nanti.
2. Permainan
Dunia hanyalah permainan. Sering kita mendengar ungkapan tersebut. Jika dunia itu permainan, lalu apa yang bisa kita ambil dari dunia? karena dunia permainan, pasti ada yang menang dan pasti ada yang kalah. Namanya permainan, Anda menang pun sebenarnya tidak mendapatkan apa apa. Anda kalah pun juga tidak mendapatkan apa apa. Namun, orang seringkali terikat hatinya oleh permainan. Permainan juga terkadang terbawa ke dunia nyata oleh sebagian anak anak disekitar kita. Permainan bukanlah lomba. Di dalam lomba yang menang akan mendapat hadiah, namun di dalam permainan, yang menang paling tinggi hanya mendapat pujian dan sedikit disegani.
3. Senda gurau
Dunia ini hanyalah tempat bercanda. Orang yang menseriusi dunia, pasti nanti akan kecewa. Karena sifat dunia adalah semakin dikejar semakin menjauh dan tidak ada habisnya. Dunia selalu membuat orang tergila gila, membuat orang berlomba mencari dan terus ingin menguasainya, namun apa yang terjadi ketika kita mulai meminum dunia? yang terjadi kita malah haus. Maka, dunia jangan pernah kita letakkan di hati. Dunia harus kita letakkan di tangan dan genggaman kita. Hati kita hanya milik Allah azza wa jalla. Dunia hanya tempat bercanda. Untuk apa kita serius kalau orang yang kita ajak bicara sedang bercanda? apalagi dia berkata april mop!
Dunia ini ibarat bermain catur. Hanya permainan namun kita seriusnya luar biasa. Mikirnya lama pula. =D

Tidak ada komentar: