Sabtu, 08 Oktober 2016

Klakson Mobil

“Klakson mobil….”
(from ustadz Imron Jamil, redaksi oleh: dudun anugerah wadi)

Dalam agama, dikenal istilah segala sesuatu tergantung niatnya. Sering kita mendengarkan ceramah agama yang mengatakan demikian. Namun, apakah benar demikian? Seberapa pentingkah niat sebenarnya?
Tulisan berikut mungkin dapat menggambarkan betapa pentingnya sebuah niat hingga bisa berdampak untuk orang orang di sekitar kita.
#more
Kita semua mengenal dan pernah mendengar bunyi klakson mobil. Dari mobil paling mewah hingga mobil paling jelek kira kira bunyinya adalah “tiiiiinnnnn….”
Nah, ada apa dengan klakson mobil? Ternyata klakson mobil itu unik. Unik kenapa? Klakson mobil walau dibunyikan tidak dengan menggunakan tangan (misalnya dengan kaki), bunyinya akan tetap “tiiiiinnnnn….”. Anda bisa mencoba sendiri di rumah membunyikan klakson mobil selain dengan tangan. Bisa dengan kaki, dengan hidung, dengan apapun pasti bunyinya sama.
Ternyata eh ternyata, klakson mobil yang bunyinya sama walau di tekan menggunakan berbagai alat ini, ditelinga bisa terdengar beda lho! Lho kq bisa?
Yups. Alasannya adalah karena niat si pelaku, eh maksudnya niat yang membunyikan klakson. Di jalanan terlihat jelas perbedaan suara ini. Coba anda bandingkan bunyi klakson mobil ketika seorang pengendara bertemu teman di jalan, dengan bunyi klakson ketika seorang pengendara marah kepada pengendara di depannya. Dua klakson tadi bunyinya juga beda dengan klakson mobil pengendara yang memberi tahu penghuni rumah bahwa dia datang. Ketiga klakson tersebut juga berbeda dengan klakson ucapan terima kasih ketika diberi kesempatan menyeberang oleh pengguna jalan lain. (you see??^_^)
Itulah sebabnya niat begitu penting. Sesuatu yang terdengar sama sebenarnya bisa terasa berbeda kalau niatnya beda. Keep rockin!

Tidak ada komentar: