Kamis, 31 Mei 2018

Baru tahu sedikit

Ada 4 jenis orang di dalam kehidupan ini:

ada orang yang tau sedikit tentang sedikit hal
ada orang yang tau banyak tentang sedikit hal
ada orang yang tau sedikit tentang banyak hal
ada orang yang tau banyak tentang banyak hal



dimanakah posisi kita?

silahkan mencoba meng evaluasi diri Anda masing-masing. Kalau saya, tentu saya ada di posisi pertama. Tau sedikit tentang sedikit hal.

Karena pengetahuan saya sedikit, saya tidak pantas untuk menceramahi siapapun. Saya tidak pantas untuk mengatasnamakan pendapat saya sebagai pendapat yang paling benar. Saya tidak pantas membawa label islam, dalam setiap argumentasi saya. Apalagi membawa nama Rasulullah. Siapa saya dibanding beliau. Saya hanyalah bluluk yang mencoba memegangi baju beliau.

Bagaimana bisa saya tau banyak. Sedangkan kapan saya akan buang air saja saya tidak bisa memprediksikannya. Bahkan, kenapa saya kemarin memilih jalan ini dan tidak memilih jalan itu, saya pun bingung pada akhirnya.

Jangankan mengenal orang lain, mengenal diri saya sendiri saja saya masih selalu gagal.

Itulah kenapa, saya harus selalu siap untuk merevisi setiap apa yang saya percayai hari ini. Besok, bisa jadi saya berubah tidak mempercayainya. Seperti kata seorang filsuf, kita sedang berdiri diatas pundak raksasa. Ilmu kita hari ini adalah hasil dari pencarian ribuan tahun manusia.

Tidak ada komentar: