Sabtu, 21 Juli 2012

Tips n Trick: Menjaga agar inbox email kita tidak penuh oleh milis, pemberitahuan facebook, dll


Tips n Trick: Menjaga agar inbox email kita tidak penuh oleh milis, pemberitahuan facebook, dll


Cara di bawah ini saya dapatkan dari milis yahoo dan dapat digunakan untuk semua email yahoo. Mungkin ada dari sebagian pembaca yang telah tahu fitur ini, namun saya rasa masih banyak diantara teman teman yang belum pernah menggunakan fitur ini.


Email yahoo merupakan email yang sangat populer karena kapasitasnya yang tidak terbatas. Email yahoo juga memiliki beraneka fitur dan fasilitas unik. Email yahoo sendiri merupakan sebagian dari layanan yahoo untuk para user yahoo yang menurut salah satu survey menduduki peringkat 4 web dunia. Saya sendiri selain menggunakan layanan yahoo mail, juga menggunakan layanan lain seperti yahoo answer, yahoo goups, flickr, horoscope, OMG dll.

Maraknya jejaring sosial akhir akhir ini membuat layanan email sedikit meredup fungsinya. Padahal banyak sekali layanan website yang akan merequest email ketika kita mau login atau bergabung dengan web tersebut. Jejaring sosial seperti  yang telah disebutkan terkadang memenuhi inbox email kita dengan seabrek notifikasi atau pemberitahuan yang sepertinya tidak terlalu kita butuhkan. Hal ini tentu akan membuat kita malas membaca email dan memeriksa setiap email yang masuk satu persatu.

Selain jejaring sosial, layanan milis atau grup terkadang  juga membuat kita bosan menghapus email yang ada di inbox karena informasi tersebut tidak kita butuhkan.

Lalu bagaimana caranya agar inbox email kita tetap bersih dan hanya berisi email penting?

Ternyata yahoo mail telah menyediakan fasilitas semacam ini. Fasilitas tersebut bernama Filter.
Seperti namanya, fasilitas tersebut akan menyaring email yang masuk ke akun kita dan akan secara otomatis mengklasifikasikan sesuai dengan persyaratan yang kita buat sendiri.

Bagaimana caranya?

1.       Pertama tama, buatlah folder baru dalam email anda, misal “notifikasi facebook”
2.       Pada tampilan mail yahoo, cobalah cari menu option (biasanya terletak di pojok kanan atas)
3.       Klik menu option tersebut kemudian pilih dan klik bagian more option
4.       Akan muncul jendela baru berisi option yang ada di yahoo
5.       Di bagian kiri, cari tulisan filter lalu pilih dan klik
6.       Buat filter baru kemudian masukkan kriteria dan persyaratan yang Anda inginkan, misal pada contoh ini anda membuat kriteria Sender bernama Facebook
7.       Pilih folder tujuan tempat hasil filter lalu jangan lupa klik save
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: