Sabtu, 21 Juli 2012

Sendok dan Garpu


Sendok dan Garpu
Sendok dan garpu adalah dua hal yang berbeda dan benar benar berbeda. Sendok bentuknya pipih dan berfungsi seperti sekop pasir. Sendok dapat mengambil sedikit kuah masakan dan porsi sendok sangatlah pas digunakan untuk menikmati  sajian istimewa. Berbeda dengan sendok,  Garpu sama sekali tidak dapat digunakan seperti sendok. Garpu bukanlah sekop. Garpu adalah alat penusuk dan pemegang sesuatu yang akan kita makan. Garpu berbentuk 3 buah jari dan tentu saja tidak dapat digunakan untuk mengambil kuah.
Yang saya ingin katakan adalah, sendok garpu telah mengadopsi prinsip dasar negara kita, Bhinneka Tunggal Ika. Mereka berbeda namun tetap sama jua. Mereka saling menghormati dan tidak merasa paling berguna. Mereka berbeda dan mereka dapat bermanfaat sesuai dengan fungsinya masing masing. garpu tidak pernah menyalahkan pilihan hidup sendok untuk menjadi seperti sekop dan begitu pula sebaliknya. Mereka saling melengkapi dan menjadi diri mereka masing masing.



Yang saya ingin katakan adalah, sendok dan garpu pintar bekerja sama. Jika mereka kebetulan memiliki misi dan visi yang sama, mereka dengan mudah dapat bekerja sama. Misal, ketika mereka dihadapkan dengan tantangan memotong daging. Dengan sigap, garpu akan menjadi penahan daging dengan tusukannya, lantas sendok akan mencoba menjadi pisau untuk memotong daging tersebut. Maksud saya, masing masing tahu akan kelebihannya dan dimana kelebihan tersebut harus ditempatkan untuk mencapai tujuan bersama.
Yang saya ingin katakan adalah, sendok dan garpu adalah sepasang! Mereka berbeda namun mereka dapat hadir bersama di acara resepsi besar. Mereka selalu dikaitkan dan kehadiran yang satu rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran yang lainnya. Mereka populer di mata orang orang sehingga ketika sendok ada, garpu tentu akan dicari. Bahkan orang selalu meletakkan mereka berdampingan. Maksud saya adalah, mereka jodoh walaupun berbeda.

Jika memang begitu, kenapa masih ada orang yang menganggap bahwa jodoh haruslah yang banyak kesamaannya? Apakah setelah melihat kenyataan sendok dan garpu Anda masih berpendapat hal yang sama? Apakah saya dan Anda tidak dapat berpasangan karena saya tidak sama dengan Anda? Bagaimana pendapat Anda?

Tidak ada komentar: