Sabtu, 21 Juli 2012

Tips menulis cerita yang baik


Tips menulis cerita yang baik

Berikut ini merupakan beberapa tips sederhana yang dapat membantu agar cerita yang kita buat tidak membosankan dan dapat berkesan di hati setiap orang yang membacanya:


1.      Hindari mengatakan kepada pembaca bagaimana suasana cerita tersebut, misal Anda menulis suasana pada saat itu sangatlah menakutkan. Yang harus Anda lakukan adalah membiarkan pembaca merasakan hal tersebut melalui beberapa paragraf deskriptif.

2.      Hindari mengatakan kepada pembaca apa yang sedang dirasakan oleh karakter yang terdapat pada cerita Anda. Janganlah berkata bahwa si A sedang gundah gulana dsb. Anda cukup membiarkan pembaca menebak apa yang dipikirkan oleh karakter melalui apa yang karakter katakan dan lakukan.

3.      Jangan menggunakan karakter yang terlalu banyak. Cukup kembangkan beberapa.

4.      Terus berpikir apa yang akan karakter ini lakukan atau katakan, jika Anda adalah karakter tersebut

5.      Kembangkan setting cerita

6.      Untuk membuat penekanan, bawa pembaca kepada dugaan keras melalui jalan cerita dan beberapa penjurusan, namun berikan ending yang tidak terduga kepada pembaca melalui dilema dsb.

7.      Anda harus mengetahui akhir cerita tersebut sejak awal. Hal ini berguna agar cerita Anda tidak mengarah ke berbagai cerita lain yang tidak relevan dengan ending cerita Anda.

Tidak ada komentar: