Rabu, 30 Oktober 2013

Tips n Trick Menjaga File Penting dari kehilangan ((tags: tips n trick))

Anda memiliki file2 yang teramat penting dan jika anda kehilangannya anda akan kesulitan?
seringkali kita memiliki file file dalam komputer yang begitu penting. Sebegitu pentingnya hingga andaikan file tersebut hilang, maka kita akan mendapat kesulitan. File semacam ini banyak contohnya. Untuk mahasiswa seperti saya, mungkin file Tugas akhir merupakan file terpenting saat ini. Bayangkan jika tiba2 terjadi sesuatu dengan komputer ataupun media penyimpanan kita (bisa kena virus, komputer rusak, kebakaran, komputer dicuri, dll) sedangkan kerjaan kita tersebut sudah sangat banyak dan besok merupakan hari pengumpulan (naudzubillah). Tidak mungkin Anda mengerjakannya ulang dari awal. Akan memakan waktu yang banyak sekali untuk melakukan hal tersebut. Mental anda juga pasti sudah down dikarenakan peristiwa tersebut. File lain yang penting diantaranya: file kerjaan dari kantor, file foto2 kenangan, dll. Jenis file2 tersebut merupakan file penting yang bisa membuat anda kesulitan jika anda kehilangannya.
Berikut terdapat beberapa tips sederhana untuk menjaga file2 tersebut agar aman dan Anda tidak khawatir kehilangannya:

Jangan biarkan file penting Anda hilang!



1. Jangan biasakan menyimpan file yang terus di edit dengan satu nama.
jika anda memiliki file yang akan selalu anda edit setiap hari, jangan pernah melakukan File-Save. Yang harus anda lakukan adalah menyimpannya dengan File- Save as. Gunakan nama yang berbeda dalam menyimpan file tersebut. Misal gunakan akhiran tanggal. Jika file anda bernama contoh, simpan dengan nama contoh 18022011. Hal ini sangat membantu jika tiba tiba saja file anda tersebut rusak dikarenakan virus, dll. Anda tidak perlu mengulang pekerjaan terlalu banyak jika file pertama rusak. 01.gif
kelemahan dari cara ini adalah anda memerlukan kapasitas tempat penyimpanan yang lebih besar. Memang, di beberapa program tersedia fasilitas auto saved, sayangnya banyak orang yang tidak mengerti caranya merubah setting an autosaved menjadi 5 menit atau kurang. Dan, jangan lupa kalau semakin sedikit waktu autosaved, komputer Anda akan semakin lambat karena hal ini memakan memory berlebih.
2. Simpan di tempat yang berbeda sebagai Back Up
Jika file tersebut begitu penting buat anda, jangan hanya menyimpannya di satu tempat. Back up file penting tersebut di beberapa tempat lain, bisa di local disk lain, flash disk, di burn di CD, atau bahkan bisa numpang di komputer lain. Hal ini akan semakin mengamankan posisi anda dari kehilangan. Budayakan untuk menyimpan dan mem back up file anda secara reguler ditempat lain
3. Upload ke internet
Jika dua cara diatas adalah cara preventif untuk unwanted accident di rumah, cara ketiga ini adalah cara paling ampuh untuk menjaga file anda tetap aman. Caranya adalah dengan meng upload nya ke internet. Cara no satu dan nomor dua masih memungkinkan anda kehilangan file penting. Kemungkinan terburuk tetap saja ada. Bisa saja terjadi kebakaran yang menghilangkan semua file penting dan back up anda. Dengan meng upload nya ke internet, anda telah dibantu untuk menyimpannya secara virtual di tempat yang tentu saja sangat aman.
sekarang, terdapat banyak website penyedia jasa penyimpanan secara gratis dan unlimited. Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Jika anda tidak mau menyimpannya dalam media tersebut, masih ada cara lain. Simpan saja di email pribadi anda dengan attach file tersebut kedalam sebuah pesan, lalu kirim ke diri anda sendiri. Bisa juga tetap dibiarkan sebagai draft.
Dengan cara ini, ketika anda kehilangan file tersebut, anda cukup mendownloadnya lagi. Mudah kan?
jika file anda begitu penting dan anda tidak ingin orang lain mengaksesnya, cukup berikan password kepada file anda sebelum anda meng uploadnya.
Well, semoga bermanfaat. Semoga diantara kita tidak ada yang kehilangan file penting. Amin.
Regards,
Dudun Anugerah Wadi
Dmercy corporation "Under Construction"
Official Site: dmercy-corporation.com
private site: dudunanugerahwadi.wordpress.com

Tidak ada komentar: