Rabu, 30 Oktober 2013

Tips n Trick Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dengan MS Word

Sering kali kita mengalami kesulitan saat harus membuat daftar isi. Banyak orang yang belum tahu (termasuk saya sebelum memposting artikel ini) bahwa MS word, baik 2003 maupun versi 2007 mampu membatu kita membuat daftar isi secara otomatis. Sebelumnya, saya pribadi membuat daftar isi dengan melihat halaman satu persatu kemudian dicatat di halaman daftar isi. 
Wah, ribet sekali. Apalagi kalau lagi terburu buru. Belum lagi ketika kita mendapatkan refisi dari dosen atau penguji yang lain. Tentu akan memakan waktu lama untuk sekedar mengedit daftar isi tugas kita.
Untungnya, pencipta MS word telah jauh jauh hari mendeteksi kebutuhan ini. Mereka kemudian memfasilitasi software MS word dengan kemampuan membuat daftar isi secara otomatis. Berikut cara-caranya:


1. Buat style dari masing-masing bagian yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Misal bagian yang ingin ditampilkan di daftar isi adalah judul bab, caranya:

a. Blok judul


b. Format huruf sesuai dengan keinginan, seperti ukuran huruf, center, dll => Klik styles pada panah ketiga terbawah.


c. Klik save selection as a new quick styles => isi nama stye, contoh: judul

Untuk Sub bab lakukan hal yang sama yakni
Blok sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas.
Akhirnya sampai pada Klik save selection as a new quick styles =>isi nama stye, contoh: subjudul1
Lakukan hal yang sama untuk Sub sub bab
Blok sub sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas.
Akhirnya sampai pada Klik save selection as a new quick styles => isi nama stye, contoh: subjudul2
Sudah paham membuat style?
Langkah selanjutnya adalah
Buat semua bagian dokumen Anda yang terdiri dari judul, sub judul, sub sub judul sesuai dengan style yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk mempermudah, ada baiknya Anda memberi nama style dengan urutan paling kiri, contohnya adalah sbb:
Bab 1 Pendahuluan
         Latar Belakang
         Rumusan Masalah
         Batasan Masalah
                    Batasan teknis
Pada contoh daftar isi di atas, bacaan daftar isi yang terletak paling kiri adalah Bab 1 pendahuluan, maka ada baiknya Anda menyimpan style tersebut dengan "1", latar belakang dll menjorok masuk sedikit ke kanan, dan ada baiknya disimpan dengan nama style "2", dst.
Manfaat dari hal ini akan Anda dapat pada saat menampilkan daftar isi nanti.
Bila telah membuat style pada semua bagian, kita sudah bisa membuat daftar isi..
Buat halaman baru di awal, sebagai halaman Daftar Isi:
Page layout => breaks => newpage
Tulis judul daftar isibuat style untuk daftar isi dgn style yang sesuai, dalam hal ini style judul/ "1" atau terserah Anda...

Cara membuat daftar isi:

References => table of content => insert table of content => 
Pada bagian option => isi sesuai dengan bagian style yang ingin kita masukkan ke daftar isi. dalam hal ini contohnya (judul, sub judul, sub sub judul). Isi 1, 2 atau 3 dst sesuai dengan keinginan kita menjorokkan bagian ini. 
Hal di atas akan menjadi mudah jika dari awal Anda memberi nama style dengan no urutan menjorok ke kanan dengan 1, 2, dst. Anda tidak perlu lagi bingung memberikan urutan menjorok.


Langsung jadi daftar isi => edit seperlunya.

FAQ (Frequently Ask Question)
Bagaimana bila terjadi penambahan sub judul?
Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian kanan pada daftar isi yang telah jadi => Update field => update entire table => OK
Bagaimana bila terjadi perubahan pada nomor halaman ?
Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian kanan => Update field => update page number only => OK
Apa bisa membuat Daftar tabel, Daftar Gambar dll ?
Bisa, prinsipnya bahwa setiap bagian (judul tabel, judul ganbar, judul lampiran) masing-masing harus dibuat style. 
Finally, Semoga bermanfaat. Senang bisa menyebarkan informasi ini.
Regards,
Dudun Anugerah Wadi
Dmercy corporation "Under Construction"
Official Site: dmercy-corporation.blogspot.com
private site: dudunanugerahwadi.wordpress.com

Tidak ada komentar: