Senin, 26 Juni 2017

Ilmu yang paling UTAMA

Jika ada yang bertanya ilmu apa yang paling utama di dunia ini. Maka saya akan dengan tegas mengatakan; Ilmu Agama.

Kok bisa?

Coba sebutkan satu masalah saja yang lahir bukan karena kedangkalan tingkat ilmu agama. Semua masalah di dunia ini lahir karena kurangnya ilmu agama. Walau demikian, masalah juga sering lahir karena ilmu yang telah di dapat, tidak di aplikasikan dengan sempurna. Saya tidak tahu bagaimana ajaran agama lain, namun di agama saya, islam, semua masalah bisa dijawab dengan agama.


Masalah Diri Sendiri ---> Cukup tauladani pribadi Rasul dalam segala hal, masalah mungkin tetap akan timbul karena tidak ada orang yang tidak punya masalah, namun cara pandang kita akan sangat lain dalam menyikapinya.

Masalah rumah tangga ---> ikuti cara Rasul memimpin Rumah tangga baik pada saat monogami maupun poligami. Apakah kita sudah tau bagaimana Rasul berumah tangga?

Masalah bertetangga ----> Ikuti Rasul dalam memuliakan tetangga. Apakah kita sudah mempraktekkannya dengan tetangga kita?

Masalah politik dan bernegara ----> Ikuti Rasul dalam memimpin Madinah. Apakah negara kita didirikan atas semangat mencontoh Rasul?

Masalah sosial ----> Ikuti Rasul dalam bermuamalah. Apakah baru ibadah saja yang kita contoh? bermuamalah tidak?

Masalah peperangan ---> Ikuti Rasul dalam adab dan alasan beliau berperang. Tahukah kita perang apa saja yang dilalui Rasul dan kenapa Beliau melakukannya?

Masalah hukum ---> Ikuti hukum Al Quran dan RasulNya. Apakah hukum di Indonesia merujuk pada keduanya atau malah mengadopsi hukum dari barat.

Beberapa contoh kasus:
murid malas belajar: Agama islam sangat memuliakan orang yang berilmu.
pencurian/ perampokan: Agama islam melarang manusia mengambil yang bukan haknya.
bunuh diri: Agama islam melarang manusia membunuh dirinya sendiri.
demo minta kenaikan upah: Rasul mengajarkan untuk memiliki sifat sabar, qanaáh, namun tanpa melepas usaha yang sungguh sungguh.
gagal lulus uan: Agama islam melarang umatnya berputus asa dari Rahmat Allah. Masih banyak jalan menuju roma.
korupsi: mengambil hak orang lain, potong tangan di Islam. Bahkan salah satu ormas setuju hukum mati.
konflik etnis: semua manusia sama di hadapan Allah yang membedakan hanyalah iman dan taqwa.
indonesia miskin penemuan: Agama islam menantang manusia menembus langit agar terus belajar dan berguna bagi sesama.
ketimpangan ekonomi: agama islam sangat menganjurkan berbagi kepada sesama melalui zakat, sedekah, infaq, dll. Bayangkan kalau zakat di Indonesia dapat dikelola secara baik dan profesional oleh satu lembaga sentral.

Penjelasan masalah di atas memang tidak sesederhana tulisan saya. Namun, sampai dengan hari ini, yang saya pahami adalah semua terjadi karena kurangnya ilmu Agama. Jika ilmu agama mantap, didukung oleh manusianya bersedia mengamalkan, inshaAllah masalah akan datang sebagai wajah yang berbeda. Masalah pasti masih akan ada, namun dengan agama, manusia bisa memecahkannya dengan sangat baik.

Lagi-lagi, jika Anda memiliki pendapat atau pandangan lain, itu sah sah saja. Ini kan blog saya masa saya menulis pendapat dan pandangan Anda. Silahkan menulis pendapat Anda di kolom komentar ya. Jangan lupa saya, Anda, dan kita semua masih terus berproses untuk mencari yang sejati.





Tidak ada komentar: