Jumat, 22 Maret 2013

Kegunaan Silica Fume/ Micro Silica TamCem Microsilica

Silica Fume/ Micro Silica adalah mineral admixture yang ditambahkan kedalam beton untuk meningkatkan durabilitas dan menurunkan permeabilitas beton. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

microsilica
Silica Fume



Silica fume merupakan bahan hasil produksi Silicon Metal atau Ferrocsilicon Alloy. Silica fume secara kimia terdiri dari Silicon Dioksida (SiO2). Silica fume yang sesuai dengan standar internasional seperti ASTM, JIS, EN, dll harus memiliki kandungan SiO2 diatas 85%.

Sama halnya dengan fly ash, ukuran butiran silica fume lebih kecil dari pada semen. Namun jika fly ash adalah 20 x lebih kecil dari semen, silica fume memiliki ukuran 100x lebih kecil daripada semen. Dengan ukuran yang lebih kecil ini, silica fume memberikan efek microfilling. Selain itu, manfaat penggunaan silica fume adalah sbb:

1. Menurunkan tingkat permeabilitas, dengan demikian beton akan tahan terhadap air, serangan sulphat (marine structure), serangan alkali (tanah), dll. Beton bertulang adalah komposit material antara besi dan beton. Besi sangatlah lemah terhadap sulphat, air, dan alkali karena menyebabkan korosi. Ketika besi di dalam beton terkena korosi, maka umur bangunan tersebut sudah bisa diprediksikan.

2. Meningkatkan compressive strenght beton. Dengan ukuran partikel yang lebih kecil dari semen, silica fune akan mengisi bagian kosong yang tidak bisa diisi oleh semen. Prinsip dasar untuk meningkatkan kuat tekan beton adalah dengan mengurangi sebanyak mungkin rongga di dalam beton. Rongga tersebut biasanya diisi oleh udara. Semakin banyak kadar udara di dalam beton, semakin kecil compressive strenght beton tersebut. Dengan silica fume, rongga ini akan semakin sedikit karena terisi oleh Silica Fume. Secara kimiawi, silica fume akan bereaksi dengan kalsium hidroksida yang terkandung dengan semen sehingga meningkatkan kuat tekan beton.

3.Meningkatkan workability. Silica fume mengisi butiran yang tidak dimiliki oleh beton pada umumnya yakni butiran  yang lebih kecil dari semen. Dengan silica fume, beton akan lebih flow. Ukuran silica fume adalah o.o3 - o.1 mikron

Secara kimia, reaksi silica fume adalah sbb:

Cement + water = calcium silicate hydrate (CSH) gel and Calcium Hydroxide
Silica Fume + Calcium Hydroxide + water = more CSH gel

CSH Gel merupakan produk hidrasi antara semen dan air yang mempengaruhi compressive strenght. Dari reaksi kimia di atas, terlihat bahwa waste hidrasi antara semen dan air, yakni calcium hydroxide, akan bereaksi kembali dengan silica fume dan menghasilkan semakin banyak CSH gel.

silica fume dapat diaplikasikan untuk:

1. High Performance Concrete
2. Precast Concrete
3. Spray Concrete
4. Ready Mix concrete for high strenght concrete
5. Marine structure
6. Off shore structure
7. Underground structure

Dikarenakan ukurannya yang sangat kecil, penggunaan silica fume harus hati hati karena mudah sekali diterbangkan oleh angin. Pekerja yang ingin mengaplikasikan silica fume harus menggunakan masker.

Penggunaan microsilica juga pasti akan meningkatkan water demand. Air yang diperlukan untuk mencapai slump tertentu akan semakin tinggi jika dibandingkan dengan beton yang tidak memakai silica fume. Oleh karena itu, diperlukan superplasticizer seperti TamCem 12R. Jangan pernah menambahkan air berlebihan kedalam beton karena akan menurunkan compressive strenght.






lebih jelas tentang silica fume dapat dilihat di www.silicafume.blogspot.com
Anda membutuhkan silica fume?
Segera hubungi
Dicky Fadly
0811 993 4787

Tidak ada komentar: