Sabtu, 02 Maret 2013

Macam Macam type Semen menurut Fungsinya


Macam –macam tipe semen

Berikut ini merupakan jenis jenis semen berdasarkan fungsinya:


    Tipe semen I – umum, 

   Semen ini paling banyak digunakan, Semen tipe 1 masih dibagi menjadi 3 jenis yaitu OPC (Ordinary Portland Cement),PCC (Portland Composite Cement), dan PPC (Portland Pozzolan Cement). Semakin ke kanan semakin banyak kandungan pozzolannya, (<7%, <12%, <17%). Kebelakang sudah tidak boleh lagi semen OPC dijual di kalangan bebas, yang biasa dijual dipasaran adalah PCC. Walaupun demikian, Semen OPC masih dipakai di industry ready mix dan precast. Padahal industri tersebut merupakan konsumen semen terbesar di dunia.

2.       Tipe semen II – Moderate Resistance Sulphate
      Tipe semen jenis ini memberikan ketahanan terhadap sulphate yang cukup baik. Semen jenis ini banyak digunakan pada bangunan tepi pantai ataupun lepas pantai. Namun dikarenakan harga semen ini yang relatif mahal, penggunaan semen ini telah tergantikan oleh fly ash dan silica fume.

3.       Tipe semen III – High early strength concrete

      Tipe semen ini memberikan kuat tekan tinggi pada beton di umur awal. Penggunaan semen ini sekarang sudah hampir tidak ada karena fungsinya telah tergantikan oleh admixture seperti TamCem 60RA, TamCem 12RA dan TamCem 12RW

4.       Tipe semen IV – Low Heat Hydration
       
       Semen yang memberikan panas hidrasi rendah dan kekuatan awal rendah. Biasa digunakan didaerah yang sangat panas.


5.       Tipe semen V – High Sulphate Resistance Cement

      Semen yang memberikan ketahanan tinggi terhadap serangan sulphate. Saat ini, fungsi dari semen tipe 5 sudah banyak tergantikan oleh penggunaan Silica fume seperti TamCem microsilica.


      Kualitas semen merupakan faktor penting yang menentukan kualitas beton. Tanpa semen, beton tidak akan menjadi beton. Semen merupakan lem yang mengikat kesemua bahan beton menjadi satu dan berkekuatan. Kesalahan pemilihan semen, akan menyebabkan beton yang kita buat tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Tidak ada komentar: