Jumat, 22 Maret 2013

Cara membuat beton mutu tinggi....

Berikut ini merupakan langkah langkah membuat beton mutu tinggi, high strenght concrete, ultra strenght concrete, dll:


1. Naikkan jumlah semen
Semakin banyak semen yang digunakan, maka mutu beton akan semakin naik. Hal ini dikarenakan semen adalah material yang paling penting dari beton. Mutu dan kualitas semen yang dipakai juga akan mempengaruhi kekuatan beton. Jangan sampai salah memilih jenis semen apakah OPC, PPC, atau PCC.
Kesalahan pemilihan akan membuat mutu beton tidak sesuai harapan. Jenis jenis semen berdasarkan bahan penyusunnya dapat Anda lihat disini

2. Turunkan pemakaian air, naikkan w/c

Semakin sedikit penggunaan air, maka mutu beton akan semakin tinggi. Hal ini seperti yang terlihat pada grafik w/c ratio dengan strenght. Namun, ketika anda menurunkan w/c ratio, resikonya adalah slump akan turun. Slump turun akan mempengaruhi workability. Untuk itu dibutuhkan obat beton (admixture) water reducer dan superplaticizer. Coba Anda bayangkan jika menggunakan obat, namun slump tetap kita paksakan untuk lebih kecil lagi. Efeknya akan super duper menaikkan strenght. w/c adalah faktor yang penting di dalam beton. Kita bisa membuat beton K500 dengan semen 360 dan bisa juga dengan semen 450, semua tergantung berapa w/c yang ingin kita capai.

3. Gunakan agregat halus terbaik

Pasir yang baik minimal memiliki kadar organik yang rendah. Kadar organik yang tinggi akan membuat beton mengalami long setting. Pasir yang baik tentunya bergradasi baik. Contoh pasir yang baik adalah pasir galunggung, pasir lumajang. dll.

4. Gunakan agregat kasar kecil (10-20 mm)

Semakin besar ukuran agregat, akan menurunkan kuat tekan dari beton Semakin kecil agregat, kuat tekan beton akan semakin naik. hal ini dikarenakan semakin besar agregat, akan semakin banyak ruang kosong yang tidak diisi oleh agregat.


5. Gunakan admixture

Gunakan high range water reducer admixture seperti TamCem 60RA, TamCem 12RA, TamCem 12RW, TamCem 12R gunakan pula fly ash dan TamCem MicroSilica untuk meningkatkan kepadatan beton. Namun berhati hatilah karena penggunaan berlebih dua bahan ini yakni fly ash dan microsilica justru akan menurunkan kuat tekan beton..

6. Lakukan sequence mixing yang benar dan baik

Kesalahan dalam sequence mixing, terlalu lama mixing, dll akan menyebabkan beton mengalami 'kelainan'. Berhati hatilah ketika membuat benda uji. Jumlah rojokan harus cukup yakni 25 kali tiap lapis. Cara merojok yang baik adalah dari luar kedalam seperti bentuk obat nyamuk. Cetakan harus benar benar dipastikan presisi dan terpasang rapat. Curing harus benar benar sempurna terendam. Jangan mengangkat benda uji yang sedang dicuring jika belum waktunya.

7. Selalu memulai dengan berdoa dan bersungguh sungguh

Call me jika Anda akan mengikuti lomba kuat tekan beton atau apapun yang berhubungan dengan beton....
dudun.aw@gmail.com

Tidak ada komentar: