Kamis, 02 Januari 2014

Tips n Trick membeli barang barang dari online shop (berbelanja online)

Berbelanja online memang telah menjadi salah satu kebiasaan favorit muda mudi saat ini. Bagaimana tidak, selain menghemat waktu, berbelanja online terkadang juga bisa menghemat biaya ketika kita pandai memilih dan memilah barang barang yang baik dibeli secara online dan jangan dibeli secara online. Jika Anda baru pertama kali ingin berbelanja online, ada baiknya Anda menyimak tips berbelanja online berikut ini:




Berikut ini merupakan tips dan trik untuk berbelanja secara online:

1. Pastikan online shopping yang anda kunjungi terpercaya. Beberapa online shopping yang terpercaya antara lain amazon.com, ikea.com, lazada.co.id, zalora.co.id, tokopedia.com, dll. Untuk dalam negeri, beberapa online shop juga cukup dapat dipercaya antara lain: bhinneka.com, olx.co.id, blibli.com, dll.
Online shop yang terpercaya bisa juga diamati dari tampilan websitenya (walaupun tidak semua). Biasanya mereka tidak pernah menyembunyikan info no rekening ataupun nama dari customer service. Umumnya mereka juga memajang banyak sekali nomor telp, PIN BB atau kontak lain yang dapat kita hubungi. Dan yang terakhir, kadang mereka juga menyediakan alamat resmi gerai mereka. Referensi dari teman atau sahabat yang pernah membeli disana juga dapat anda jadikan pertimbangan.

Ingat, jangan sekali kali membeli di toko online yang terlihat sepi dan tidak ada aktivitas update di sana, toko yang tertutup, bahkan memberi tahu nomor rekening dan alamat resmi saja susah, apalagi customer service nya susah di telp.

2. Pilihlah metode pembayaran yang aman. Pembayaran yang paling aman adalah COD (cash on delivery) karena barang baru akan kita bayar setelah barang kita terima. Jika metode pembayaran ini tidak disediakan oleh online shop tersebut, pastikan barang yang akan dikirimkan bisa kita tracking keberadaannya. Pilih juga penyedia forwarder yang terpercaya seperti TIKI, JNE, ataupun yang lain.

3.Simpan selalu semua bukti transaksi anda. Anda bisa menyimpan email percakapan, history di HP, atau bukti transfer bank, dan segala macam dokumentasi pembelian. Anda tidak pernah tau kapan Anda memerlukan dokumen2 ini. Seringkali kita baru menyadari nya ketika barang belum kita terima setelah lewat 1 minggu atau lebih.

4. Pastikan barang yang Anda beli bergaransi. Jika tidak ada garansi dari pabrik, pastikan ada garansi dari toko yang menjual. Perhatikan juga historikal claim garansi untuk toko tersebut apakah banyak keluhan dari customer dsb. Jangan membeli ditempat dimana banyak sekali keluhan pelanggan. Cara paling gampang adalah dengan googling kembali..=)

5. Ketika barang datang, jangan langsung membuka kardus yang membungkus dengan paksa. Bukalah perlahan dan jangan sampai merusak label garansi dsb. Hal ini untuk mempermudah kita dalam proses claim apabila terjadi cacat barang dsb. Jangankan membeli online, membeli di pasar nyata saja banyak sekali orang yang kecewa karena setelah sampai rumah ternyata barang yang dibeli cacat. Yang susah adalah ketika di toko tersebut sudah ada tulisan barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan. Sungguh menyebalkan.

Alih alih membeli secara online, toko online juga dapat dijadikan sebagai pembanding harga sebelum kita datang ke toko daerah kita. Jadi kita bisa tahu harga barang saat ini di pasaran adalah sekian, penjual tidak akan bisa membodohi kita dengan berkata ini dan itu. Walaupun demikian, perhatikan barang barang yang dijual secara kredit / menggunakan fasilitas cicilan, 100 persen saya jamin bahwa harga barang itu sudah di mark up beberapa persen dari harga cash. Jadi tips nya adalah jadilah konsumen yang cerdas, lakukan research terlebih dahulu untuk produk yang mau Anda beli, compare harganya, dan pastikan penjual nya adalah penjual terpercaya. Beberapa website penyedia perbandingan harga saat ini sudah cukup marah diantaranya: pricepanda.co.id


Tidak ada komentar: